Selasa, 04 Agustus 2015

MATERI TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI I : PERANGKAT KERAS PENYIMPANAN




          
           Nah, yang akan saya tulis kali ini merupakan rangkuman materi dari penjelasan yang disampaikan oleh guru TIK SMP saya. Berikut adalah rangkuman materi yang telah saya tulis. Semoga bermanfaat.
           

            Media penyimpanan adalah tempat menyimpan hasil input. Media penyimpanan banyak macamnya dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing Kelebihan dan kekurangan media penyimpanan tergantung dari kapasitas penyimpanan, kecepatan akses, mobilitas, kemampuan menulis, dan membaca data serta harga yang ditawarkan. Pada bagian ini kita akan membahas tentang berbagai media penyimpanan dan satuan ukuran kapasitas media penyimpanan. Satuan ukuran media penyimpanan dinyatakan dalam bytes.



1 Character      = 1Bytes
Satu karakter adalah satu Bytes
1024 Bytes      = 1 Kilobytes (KB)
1024 Bytes adalah satu KB
1024 KB         = 1 Mega Bytes (MB)
1024 Bytes adalah satu MB
1024 MB         = 1 Giga Bytes (GB)
1024 MB adalah satu GB
1024 GB         = 1 Terra Bytes (TB)
1024 GB adalah satu TB

1. HARDDISK

            Harddisk merupakan media penyimpanan data berupa cakram magnetik dari logam yang dipadukan dengan komponen elektronik lain. Harddisk termasuk media penyimpanan dengan kapasitas cukup besar, mulai dar ratusan megabyte hinga ratusan gigabyte dan akan bertambah sesuai dengan kemajuan teknologi komputer.
            Data dalam harddisk diletakkan pada piringan magnetik pada lingkaran-lingkaran yang disebut track. Setiap track dibagi dalam bebrapa segment yang disebut sector. Untuk melakukan operasi baca tulis data dari dan ke piringan, harddisk menggunakan head untuk melakukannya, yang berada di setiap piringan. Waktu yang diperlukan untuk mencari sector disebut seektime. Setelah menemukan sector yang diinginkan, maka head akan berputar mencari track. Waktu yang diperlukan untuk mencari track ini disebut latency.
            Dilihat dari koneksinya, harddisk ada dua macam. Yakni harddisk SATA dan harddisk IDE secara fisik, harddisk SATA dan IDE  tidak begitu kentara. Namun masing-masing menggunakan jenis kabel yang memiliki kecepatan putar. Pada awalnya harddisk memiliki kecepatan sekitar 3600 RPM (Rotate Per Minute atau RPM adalah satuan kecepatan harddisk). Dengan semakin berkembangnya teknologi, kecepatan putar ditingkatkan menjadi 4500 RPM dan 5400 RPM. Karena kebutuhan media penyimpan yang tinggi dibuatlah kecepatan 7200 RPM.
            Harddisk mempunyai keunggulan yaitu mengakses data dengan cepat dan harddisk memiliki daya tampung yang cukup besar.

2. DISKET

         
Disket merupakan cakram pita magnetik yang fungsinya sama dengan harddisk. Disket mempunyai banyak kelemahan. Apa saja kelemahan disket?  Kapasitas menyimpan datanya sangat kecil, akses data lambat dan rentan terhadap kerusakan. Kapasitas disket saat ini adalah 1,44 MB dengan ukuran 3,5 inchi atau kapasitas disket 1,2 MB untuk ukuran 5,25 inchi. Lalu, apa saja kelebihan disket?  Yakni dapat memindahkan data dari satu komputer ke komputer lain tanpa terhubung jaringan.

3. DVD ( Digital Versatile Disk )

         
Pada awalnya, DVD digunakan untuk menyimpan video. Dilihat dari namanya DVD (Digital Video Disk)  memiliki daya tampung antara 4 GB hingga 8 GB ( DVD layar ganda). Selain itu, DVD dapat membaca data lebih cepat dan berkualitas dibandingkan piringan penyimpanan lainnya.
            DVD terdapat dalam dua jenis, yaitu DVD-R ( Digital Versatile Disk-Recordable ) dan DVDRW ( Digital Versatile Disk-ReWritable). Meski daya tampung DVD sudah besar, kini hadir dengan ukuran yang lebih tinggi lagi yang disebut dengan HD-DVD yang memuat daya tampung sebesar 30 GB. Standar format HD-DVD dikembangkan oleh perusahaan Toshiba dan NEC. Namun format kapasitas besar ini memiliki tandingan yang disebut dengan Blue Ray. Format Blue Ray dikembangkan oleh perusahaan Sony.

4. Flashdisk

         
Flashdisk merupakan media penyimpanan yang paling praktis. Bentuknya seperti mancis ( pemantik rokok), ringan dan mudah dibawa, namun mempunyai kapasitas penyimpanan yang cukup besar. Akses dalam membaca data juga lebih cepat. Hal ini menyebabkan flashdisk dapat menggantikan fungsi disket.
            Flashdisk dihubungkan dengan komputer menggunakan port USB atau bernama lain Universal Serial Bus. Dengan kemajuan teknologi, flashdisk juga dapat digunakan bersama-sama dengan MP3 Player. File lagu-lagu MP3 dala flashdisk dapat dijalankan oleh MP3 player. Pada awalnya flashdisk memiliki kapasitas 32 MB. Namun ukuran tersebut kini sudah dianggap kecil, karena sudah muncul flashdisk dengan daya tampung diatas 8 GB
 

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

 

KagakuPedia Template by Ipietoon Cute Blog Design